Mengenal Affiliate Marketing

Mengenal Affiliate Marketing

Dalam dunia ecommerce, ada berbagai model bisnis untuk di terapkan. Yang paling populer saat ini yaitu affiliate marketing. Saat ini digital affiliate menjadi model bisnis ini menerapkan prinsip untuk menjual barang dan jasa berbasis komisi. Saat ini cara pemasaran sebuah produk semakin beragam. Mulai dari content marketing, social media marketing, hingga salah satu strategi pemasaran yang sedang booming saat ini. Di artikel ini, Anda akan mempelajari pengertian affiliate marketing,  manfaat , dan lain sebagainya.

Pengertian Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan model bisnis dengan sistem pembayaran berdasarkan komisi untuk jasa seseorang. Setelah individu secara efektif menjual tenaga kerja dan produk pedagang melalui iklan di web. Pada dasarnya, Offshoot Advertising adalah teknik bisnis/pameran di mana seseorang akan mendapatkan komisi untuk secara efektif memajukan barang pengirim.

Pada umumnya, ada tiga pihak yang terlibat dalam Sistem ini, yaitu:

  • Merchant: Pihak ini juga kadang disebut sebagai creator atau brand. Apa pun penyebutannya, pihak inilah yang memegang kepemilikan atas suatu produk.
  • Affiliate: Disebut juga sebagai publisher, affiliate memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang-orang agar membeli suatu produk. Biasanya pihak ini meliputi blogger, influencer Instagram, atau perusahaan yang berjalan khusus di bidang affiliate marketing.
  • Pelanggan: Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan kalau pihak inilah yang akan melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dimpromosikan oleh si affiliate.

Manfaat Affiliate Marketing

Saat ini peran affiliate marketing sangat membantu penjualan dan menaikan value pada brand tersebut. Bukan hanya itu ada banyak keuntungan lain yang di dapatkan dari metode ini , di antaranya:

1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Keuntungan utamanya adalah teknik pemasaran ini memiliki jangkauan pasar yang lebih luas dan atribut yang beragam. Hal ini di karenakan member framework merupakan bisnis yang terbuka sehingga dapat menjangkau pasar dalam negeri maupun luar negeri.

2. Bisa Menjual Semua Barang

Sebagai merek atau perusahaan, Anda dapat mengiklankan item yang berbeda dengan anggota yang menampilkan bisnis. Namun, Anda hanya perlu fokus pada jenis cabang yang di gunakan sehingga Anda dapat memperluas iklan. Lakukan promosi sesuai dengan apa yang mereka pahami yang dapat menawarkan produk menjadi bermanfaat.

3. Tidak ada persyaratan untuk pekerja

Dengan menggunakan affiliate marketing tidak membutuhkan banyak karyawan. Dengan hanya memberikan komisi kepada member, produk Anda dapat di ketahui oleh masyarakat yang lebih luas. Anda juga dapat memberikan testimoni, sehingga para affiliater akan mengiklankannya dan omset Anda akan meningkat pesat.